Ciri-Ciri Minyak Yang Baik

28 views

Ciri-Ciri Minyak Yang Baik – Minyak goreng merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Bagi masyarakat kita, gorengan merupakan makanan yang sudah umum dan sudah biasa kita makan sehari-hari.
Gorengan ini tentu tidak dapat dilepaskan dari minyak goreng dan tepung terigu. Namun perlu kita perhatikan bahwa mengkonsumsi gorengan terlalu banyak juga bukan merupakan hal yang baik. Makanan yang terlalu berminyak dapat membuat kita terserang panas dalam.

Ciri-Ciri Minyak Yang Baik

Namun bila kita tidak terlalu sering dalam mengkonsumsinya maka tidak ada masalah dengan hal tersebut. Selain jarang dalam mengkonsumsinya, porsi dalam memakan gorengan juga tidak boleh terlalu banyak.┬áSelain hal tersebut proses dalam pemasakannya juga harus baik, dalam hal ini tentu Anda harus tahu kalau minyak goreng yang digunakan adalah minyak goreng yang baik. Berikut adalah ciri – ciri minyak goreng yang baik :

1. Minyak goreng dengan kualitas yang masih baik ciri yang dapat dilihat dengan jelas adalah dengan melihat warna minyak goreng tersebut. Semakin bening minyak goreng yang digunakan dalam wajan penggorengan maka semakin baik minyak tersebut. Minyak goreng yang sudah berubah warna atau semakin menghitam disebabkan karena mengalami kerusakan atau oksidasi karena sudah sering dipakai. Dengan menghindari minyak goreng yang sudah berwarna hitam maka kita dapat menghindari dari penyakit seperti kanker.

2. Selain dari warna minyak goreng, tingkat kekentalan minyak goreng juga menjadi indikator kualitas minyak goreng. Semakin cair kekentalannya seperti air maka minyak tersebut juga akan semakin baik. Semakin encer minyak maka itu berarti semakin sedikit minyak yang menempel pada makanan. Biasanya industri minyak goreng akan menggunakan alat ukur kekentalan atau viscometer untuk mengukut kekentalan minyak yang diproduksi. Hal ini penting dilakukan untuk menjaga standar kualitas minyak goreng tersebut.

3. Selain kedua faktor tersebut, ciri minyak goreng yang baik terakhir adalah tidak mudah membeku dalam suhu dingin. Hal ini menandakan bahwa minyak goreng tersebut mengandung kandungan lemak jenuh yang rendah, kandungan inilah yang berpotensi menyebabkan penyakit kolesterol.

Ketiga hal tersebut sudah dapat mengindikasikan minyak goreng tersebut mempunyai kualitas yang baik atau tidak. Selain ketiga hal tersebut masih ada satu cara lagi yaitu dengan mencicipinya. Anda dapat mencicipi minyak ini dengan mengecapnya sebanyak 1 sendok makan saja, apabila minyak ini terasa seperti air maka minyak goreng tersebut juga mempunyai kualitas yang baik.