Latihan Sepak Bola – Apakah Mereka Benar-benar Meningkatkan Game Anda?

36 views

Latihan Sepak Bola – Apakah Mereka Benar-benar Meningkatkan Game Anda?

Bagaimana Anda menjadi pemain sepak bola yang lebih baik? Dengan bekerja sering dan keras pada berbagai latihan sepak bola tentu saja!

Tapi bagaimana Anda tahu persis jenis latihan apa yang harus dipusatkan? Ini adalah sesuatu yang banyak pelatih berjuang, karena mereka melihat pemain muda mereka terkadang tidak mengetahui hal-hal yang mereka kelola sebelumnya.

 

Masalahnya di sini biasanya agak kurang dipahami – dari pelatih dan pemain sama – dari apa latihan sepak bola dan keterampilan sepak bola sebenarnya. Sebab, meski istilahnya erat kaitannya, mereka tidak satu dan sama. Sederhananya, latihan yang sedang Anda kerjakan mungkin terlalu rumit untuk memiliki efek nyata pada keterampilan subkomponen yang terlibat.

 

Mengklasifikasikan aspek pelatihan sepak bola yang berbeda ke dalam kerangka pelatihan adalah titik awal yang membantu untuk memperbaiki masalah.

 

Kategorisasi Luas Keterampilan Sepak Bola

 

Dalam istilah yang sangat luas, seni bermain sepak bola bisa direbus menjadi:

 

Keterampilan teknis, seperti lewat, dribbling, shooting dll.

Pengondisian fisik, melibatkan latihan untuk kecepatan, daya tahan, pencegahan cedera dll.

Pelatihan visi sepak bola, seperti memahami apa yang sedang terjadi dan mengembangkan “mata untuk permainan”.

Terutama di sepak bola remaja, fokus utama secara alami harus ada pada aspek yang pertama. Metode pembinaan Coerver yang terkenal di dunia menggambarkan aspek dasar pelatihan sepak bola ini sebagai sebuah piramida.

 

Mulai dari dasar piramida mereka meliputi:

 

Penguasaan bola

Menerima dan menyampaikan

Bergerak (satu lawan satu)

Kecepatan

Finishing

Serangan kelompok

Ini adalah pendekatan yang sangat berguna, dari mana Anda berlatih mempraktikkan keterampilan pada tingkat individu untuk secara bertahap melibatkan lebih banyak pemain. Hal ini juga membuat infografis yang sangat bagus, karena ini jelas menunjukkan bagaimana keterampilan mengendalikan bola menjadi dasar dari segalanya. Dan ini adalah cara alami untuk sekaligus bekerja pada aspek kedua dan ketiga dari permainan sepak bola pada saat bersamaan.

 

Namun, kerangka pelatihan sepak bola dapat dipecah menjadi subkomponen yang lebih kecil sekalipun.

 

Secara harfiah Semuanya Merupakan Keterampilan yang Terpisah

 

Jika Anda mengambil hanya satu bagian kecil dari piramida pembinaan Coerver dari atas, lewat misalnya, akan melibatkan banyak keterampilan yang lebih kecil yang dapat diajarkan dan dipraktekkan.

 

“Tom, Anda lulus bola ke Ian di sana”, adalah instruksi yang tidak berguna atau inspiratif bagi pemain muda yang masih belajar di lapangan.

Apakah Anda akan membuat umpan sederhana di tanah dengan bagian dalam kaki Anda? Lengan yang agak dilemparkan melintasi lapangan? Sebuah salib ke dalam kotak dari posisi sayap?

 

Setiap jenis pass akan melibatkan mendekati bola dan memukulnya dengan cara yang sangat spesifik. Dan setiap pemain sepak bola akan belajar bagaimana melakukan itu jauh lebih cepat jika mereka menerima pelajaran aktual dan tepat tentang bagaimana melakukannya – daripada diharapkan untuk mengambilnya pada akhirnya, dengan melakukan latihan yang lebih rumit yang melibatkan passing.

 

Bahkan pass yang paling dasar dengan bagian dalam kaki dapat dipecah menjadi benar belajar di mana Anda menempatkan kaki pendukung Anda, tepatnya bagian mana yang menyentuh kaki Anda saat bola, mengikuti melalui dengan kaki menendang Anda dll.

 

Ini mungkin terdengar sangat mudah dialami pemain sepak bola. Tapi untuk pemula (terkadang kalaupun mereka dewasa!) Itu jauh dari jelas. Banyak pemain sepak bola baru sedikit banyak berlari ke dalam bola, seolah-olah itu akan berhasil lolos ke tempat yang mereka inginkan.

 

Dan inilah kickernya: pemain yang cukup mahir pun bisa memiliki aspek permainan dimana mereka tidak pernah benar-benar maju jauh melampaui level pemula. Bagi satu pemain itu mungkin tajuk, untuk penembakan lain dengan kaki mereka yang lebih lemah.

 

Apa gunanya semua ini?

 

Bagian lain dari pelatihan sepak bola dapat dipecah menjadi elemen yang lebih kecil dengan cara yang sama. Misalnya, regimen pelatihan kebugaran sepak bola Anda bisa dipecah menjadi (tanpa urutan tertentu): pencegahan cedera, koordinasi, kecepatan dan kekuatan, pelatihan khusus sepak bola, nutrisi dan kesehatan dan sebagainya.

 

Menurut pengalaman saya berpikir tentang latihan sepak bola dan latihan sepak bola dengan cara di atas tidak hanya nilai akademis.

 

Justru sebaliknya.

 

Peta jalan yang jelas tentang apa yang Anda lakukan dan ke mana Anda akan bisa sangat berguna baik untuk Anda, baik sebagai pemain maupun pelatih.