Manfaat memijat bayi yang perlu bunda tahu

19 views

manfaat memijat bayi dengan minyak telon

Memijat bayi merupakan salah satu cara yang baik untuk mengekspresikan cinta seorang ibu pada bayinya. Dengan memijatnya secara rutin akan membuat bayi merasakan relaks dan tertidur pulas. Pijat memiliki banyak manfaat tambahan untuk bayi Anda, termasuk memperbaiki berat badan, memperbaiki sirkulasi, membantu pencernaan, dan bahkan dapat mengurangi rasa sakit gigi.

Lalu tahukah bagaimana sih cara memijat bayi yang benar?

Memijat bayi haruslah dilakukan dengan lembut dan irama yang pas. Untuk melakukan pijat bayi, baiknya anda mengunakan minyak atau pelembab untuk mempermudah anda dalam melakukan pijatan. Gunakan minyak telon dengan aromanya yang khas dapat membuat bayi merasa lebih rileks. Lakukan pijatan dengan lembut pada pergelangan kaki bayi, pergelangan tangan dan jari bayi Anda. Agar bayi tidak menangis dan tetap terhibur saat dipijat anda dapat mengajaknya berkomunikasi  bersenandung atau bernyanyi untuk bayi Anda saat Anda memijat.

Apa manfaat pijat bayi?

Ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh setalah rutin melakukan pijat bayi. Manfaat pijat bayi anda lebih berkembang secara fisik, mental dan sosial, Jarang rewel dan tidur lebih nyanyak. Bunda dan suamipun bisa beristirahat lebih nyaman.

Satu studi menemukan bahwa pijat bayi yang dilakukan pada hari-hari awal dapat membantu bayi yang baru lahir pulih dari sakit kuning lebih cepat.

Ketika memijat bayi bunda dapat memanfaatkan untuk selalu aktif mengajak ngobrol bayi. Sekalipun memang ia belum mengerti apa yang bunda ucapkan namun cara ini dapat merangsang bayi untuk belajar bahasa. Ikatan bunda dan bayi pun akan semakin erat.

Beberapa ayah mungkin kehilangan banyak perawatan langsung bayi mereka, terutama jika mereka sedang bekerja dan bayinya disusui.

Pijat bayi mungkin sangat baik untuk bayi prematur dalam perawatan khusus, sehingga menghasilkan:

Peningkatan berat badan, terutama jika minyak digunakan. Pijat merangsang saraf kunci, yang disebut saraf vagus, yang menghubungkan otak dengan bagian tubuh yang penting, termasuk perut. Merangsang saraf ini bisa memperbaiki pencernaan dan buang air besar, membantu bayi bertambah berat.

Membuat detak jantung lebih stabil. Pijat memperbaiki bagian-bagian sistem saraf yang mengatur organ tubuh kita. Jadi pijat dapat membantu menjaga detak jantung bayi prematur Anda tetap stabil. Respons yang lebih tenang terhadap stres dan rasa sakit.

Aktivitas otak lebih stabil. Bayi prematur yang dipijat cenderung memiliki aktivitas otak yang berkembang pada tingkat normal. Bayi prematur yang tidak dipijat menunjukkan penurunan perkembangan aktivitas otak.

Manfaat ini dapat berkontribusi pada temuan bahwa memijat bayi prematur cenderung cukup baik untuk dekat dengan keluarga mereka lebih cepat daripada bayi yang tidak dipijat.

Kapan waktu terbaik untuk memijat bayi saya?

Cobalah untuk memilih waktu saat bayi Anda berada di antara makanan. Lalu dia tidak akan terlalu lapar atau terlalu kenyang. Sebaiknya jangan memulai sebelum tidur siang. Saat yang tepat untuk memijat bayi Anda adalah saat dia sudah bangun. Jika bayi Anda diam-diam waspada dan tertarik pada lingkungannya, itu berarti dia akan siap untuk berinteraksi dengan Anda.

Tags: #cara memijat bayi yang benar #manfaat memijat bayi #memijat bayi

Leave a reply "Manfaat memijat bayi yang perlu bunda tahu"

Author: 
    author